Rabu, 12 November 2014

Perumahan Elit Terpusat Di Surabaya Barat

Jakarta memang Ibu Kota dan pusat bisnis, namun siapa sangka harga properti Surabaya mampu menyaingi harga properti di Jakarta.

Kalau harga properti di Jakarta terbilang termahal di Indonesia, harga rumah di Surabaya pun tergolong paling tinggi di Indonesia . Karena beberapa perumahan di Surabaya memilki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan Jakarta. Contohnya rumah baru tipe 399/450 di Graha Famili dijual seharga Rp. 3,4 miliar dan di Bukit Golf International Citraland Surabaya untuk tipe 400/450 dijual dengan harga Rp. 5,3 miliar. Harga-harga tersebut itu hampir merata di seluruh perumahan Citraland Surabaya yang juga dijuluki dengan sebuta " The Singapore of Surabaya".

indonesia-perumahan.blogspot.com


“Harga properti di Surabaya memang tidak masuk akal tapi pembelinya ada,” sahut Eindri Said Marcos selaku Direktur Ray White Mulyosari - Surabaya. Harga tinggi tersebut mendorong konsumen untuk melirik rumah bekas. “Harganya bisa lebih murah sampai 20 persen”, kata Yafet yakni mantan Direktur Era Jatim yang kini telah menjabat Direktur Era Indonesia Wilayah bagian Timur. Kondisi rumah masih bagus dengan umur antara 5 sampai 10 tahun dan hanya membutuhkan sedikit renovasi.

Pilihannya banyak, mau yang lokasinya berada di dalam perumahan (Real Estate) atau diluar. Rumah yang paling banyak dicari yaitu Rumah Dijual seharga Rp. 500 juta – Rp. 1 miliar, terutama di kawasan Surabaya Timur, Barat dan Selatan. “Kalau punya rumah disitu, dijamin gampang terjual dan untung,” ucap Yafet.

indonesia-perumahan.blogspot.com


Di Surabaya Barat paling banyak terjadi transaksi karena disitu banyak pembeli rumah baru dengan motif investasi. Umumnya mereka membeli dengan angsuran bertahap 24 bulan, begitu lunas langsung dijual lagi  karena baru dua tahun dan siap huni serta kondisi bangunan masih bagus. Namun rumah seperti ini harganya tidak berbeda jauh dengan rumah baru, tetap lebih murah dan bisa langsung dihuni. Beda dengan rumah baru yang harus menunggu 12-18 bulan.

Galaxi Bumi Permai telah tercatat sebagai Perumahan Baru yang paling banyak dicari konsumen di Surabaya Timur. Menurut Eindri, pembeli di kawasan ini pada umumnya berasal dari luar pulau terutama Indonesia Timur. Yang di pertimbangkan adalah lokasi dan bukan fasilitasnya, karena tujuannya untuk dijadikan tempat tinggal. “Konsumen senang tinggal di sini karena lingkungannya yang nyaman dan jalanannya yang lebar. Mereka akan ke Surabaya Barat jika yang dicari fasilitas", tuturnya. Konsumen yang memiliki budget Rp. 1,5 miliar ke atas umumnya lebih senang dengan gaya rumah yang klasik, sedangkan rumah dengan model modern minimalis lebih disukai keluarga muda. “Saya punya rumah yang dijual seharga Rp 2,7 miliar dengan desain modern minimalis, susah sekali menjualnya,” tambahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar