Kamis, 25 September 2014

TIPS MENATA RUANG TAMU

Penataan ruang tamu ada baiknya memang di tata dengan rapi sesuai dengan gaya desain rumahnya, hal ini dikarenakan ruang tamu adalah penentu dan kesan pertama dari penilaian rumah secara keseluruhan. Pada beberapa rumah yang tak terlalu besar, ruang tamu terpaksa dibuat dalam ukuran yang sempit karena bangunan rumah digunakan untuk ruangan lain. Tapi jangan berkecil hati karena ruang tamu sempit bisa disulap agar tampak lebih luas dan menarik.

Berikut ini tips dan trik bagaimana menata ruang tamu rumah Anda agar tampilannya lebih luas, nyaman, dan tentunya indah ;


Gunakan Perabotan Multifungsi atau Berukuran Kecil


Tak bisa dipungkiri bahwa dengan terbatasnya ruangan, maka perabotan yang paling cocok adalah perabotan multifungsi! Seperti contohnya meja dengan rak penyimpanan, atau kursi yang bisa digunakan juga sebagai meja, atau bahkan sofa yang bisa digunakan sebagai ranjang kecil yang empuk. Pilih perabotan yang memiliki fungsi ganda atau bahkan lebih untuk meningkatkan fungsi ruangan Anda.
Apabila Anda tak bisa menemukan perabotan multifungsi untuk ruang tamu Anda, coba pilih perabotan dengan ukuran yang kecil. Misalnya sofa untuk 2 orang saja ditambah dengan coffee table mini dan untuk hiasannya mungkin vas bunga kecil saja. Dengan ukuran yang kecil, ruangan tidak akan tampak sesak dan terasa lebih lapang.



Jendela Besar


  
Jendela dengan ukuran besar akan membantu membuat ruang tamu tampak lebih besar dan terang. Buat jendela dengan bingkai yang warnanya menyatu dengan warna dinding ruang tamu. Jendela berguna juga untuk ‘membuka’ ruangan sehingga ruang tamu akan tampak luas.



 Warna Dinding Terang


 
Pilih warna cerah untuk dinding ruang tamu, misalnya warna hijau, putih, kuning, tapi jangan menggunakan banyak warna untuk ruangan yang sempit. Pilih 1 saja warna favorit Anda sebagai warna dominan, untuk warna lain Anda bisa menggunakannya di perabotan sehingga ruangan masih bisa tampil berwarna-warni.



Jaga Kerapihan dan Kebersihan



Jangan lupa untuk selalu membuat ruang tamu rapi dan bersih. Ruangan sempit yang tak tertata dengan banyak perabotan, pernak-pernik, bahkan foto-foto berbingkai yang banyak akan membuat ruangan terasa sumpek dan penuh.


 
Demikian tips singkat dari saya, semoga dapat bermanfaat dan menjadi inspirasi untuk Anda.




sumber desaininterior.me

1 komentar: