Minggu, 21 September 2014

SIRKULASI UDARA YANG BAIK UNTUK RUMAH

Sebagian orang terkadang mengabaikan ventilasi untuk mendapatkan udara yang fresh, padahal pergantian udara yang benar akan membuat rumah lebih sehat. Pastikan tiap ruangan mendapat suplai udara agar kebutuhan oksigen tercukupi dan ruangan pun tidak terasa panas.
Berikut ini beberapa tips menjaga sirkulasi udara agar rumah terasa sejuk dan nyaman ;

Ventilasi
Gunakan ventilasi silang, berfungsi agar sirkulasi udara atau perputaran angin dalam ruangan bisa berjalan dengan terus menerus tiada henti. Perhatikan juga dan rawatlah lubang ventilasi secara berkala.



Exhaust Fan

Pasanglah Exhaust Fan pada ruangan yang cukup tinggi sirkulasi udaranya. Exhaust fan dapat pula dipasang di kamar mandi atau pun toilet. Selain untuk mengeluarkan bau kurang sedap dari dalam kamar mandi, penempatan tersebut diparcayai mampu mempercepat masuknya udara segar dari luar.





Jendela

Sesuaikan ukuran ruangan dengan ukuran jendelanya. Selain terkait dengan estetika, ukuran jendela saat terbuka juga akan mendukung lancarnya aliran udara yang masuk. Kaca jendela juga berpengaruh, misal kaca yang bening akan memudahkan masuknya panas matahari ke dalam ruangan, sebaliknya dengan kaca gelap. Buka jendela di pagi dan siang hari untuk lebih menghangatkan ruangan dengan udara dan cahaya alami, yang nantinya udara ini mencegah lembab di sore dan malam hari.


AC dan Kipas

Jika anda memakai AC atau kipas angin untuk ruangan atau kamar, pastikan perawatan kebersihannya. Bersihkan filter AC dan bilah kipas angin secara berkala untuk menjaga kebersihan udara yang dialirkannya. Kipas angin dapat digunakan untuk mengalirkan udara dengan lebih cepat. Tempatkan kipas di dekat jendela atau pintu yang terbuka untuk mengalirkan udara masuk atau keluar ruangan. Saat AC beroperasi jangan lupa menutup pintu kamar-kamar atau ruangan yang tidak dipakai, karena luas ruangan berpengaruh pada kinerja AC.



Sekian tips dari saya, semoga bisa menjadi inspirasi dan bermanfaat....Terimakasih.


sumber edupaint.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar